TUJUAN AKUNTANSI KEUANGAN
Pendidikan

TUJUAN AKUNTANSI KEUANGAN

TUJUAN AKUNTANSI KEUANGAN

TUJUAN AKUNTANSI KEUANGAN

Setelah mengetahui fungsi dari akutansi keuangan sendiri bagaimana, tahapan selanjutnya adalah dengan mengetahui tujuan dari akutansi keuangan ini. Hal ini bertujuan untuk memudahahkan dalam penerapan dalam kondisi yang sebenarnya.

1. MEMBERIKAN INFORMASI KEUANGAN

Memberikan informasi keuangan yang bisa dipercaya tentang aktiva dan pasiva perusahaan. Informasi keuangan yang dapat dipercaya meliputi tentang sumber-sumber ekonomi seperti aset dan piutang perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memudahkannya dalam segi pengontrolan keuangan yang telah beredar, sehingga pengelolaannya akan lebih tersistem.

Pun juga, informasi tersebut dapat menunjukkan seperti apa posisi keuangan dan berapa besar investasi perusahaan. Dengan begitu, penanganan mengenai keputusan yang diambil akan sedikit lebih efektif.

2. MEMBERIKAN INFORMASI PERUBAHAN SUMBER EKONOMI

Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan pada sumber-sumber ekonomi bersih (netto) suatu perusahaan yang muncul akibat aktifitas usahanya dalam rangka mendapatkan keuntungan. Hal itu merupakan sebuah gambaran siklus dari siklus keuangan yang tersistem, yang dengan mudahnya mampu mencapai keputusan serta pengendalian target anggaran di masa depan.

3. MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI LAPORAN KEUNGAN

Memberikan informasi keuangan yang membantu para pengguna laporan keuangan dalam membuat estimasi atau perkiraan potensi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Jika mampu menghasilkan sebuah laba yang besar, maka kapasitas keuangan akan ditingkatkan berdasarkan hasil dari produksi barang tersebut.

4. MEMBERIKAN INFORMASI YANG BERGUNA UNTUK MEMENUHI TUJUAN PENGGUNA.

Relevansi dari informasi akuntansi berhubungan dengan tujuan dari pemakai informasi tersebut. Maksudnya, informasi akuntansi harus berguna secara langsung untuk memenuhi tujuan dari penggunanya. Guna untuk memenuhi serta menutupi permasalahan yang terjadi di masa lalu. Pada nantinya keputusan yang diambil mampu mengubah laju arah keuangan.

Dari sana, dapat dilihat kesimpulan bahwa sajian informasi laporan harus termuat posisi keuangan. Hasil usaha dan perubahan posisi keuangan yang lainnya. Disesuaikan dengan standarisasi akutansi keuangan tersebut. Berdasarkan pernyataan standar akutansi keuangan tentang petunjuk dan prosedur akutansi yang berisi tentang peraturan.


Sumber: https://klokkenluideronline.net/strikers-1945-apk/